Fungsi Kamar Mandi pada Rumah Tinggal

kamar mandi rumah minimalis

Kamar mandi merupakan ruangan yang berkaitan dengan kebutuhan biologis harian seperti membersihkan maupun membuang kotoran tubuh. Ruangan yang sering disebut kamar mandi ini merupakan salah satu bagian rumah perlu diperhatikan demi menjaga kebersihan dan fungsinya.

Kamar mandi juga merupakan ruangan rumah yang relatif paling banyak menghabiskan porsi anggaran pembangunan dan bagi beberapa pemilik rumah, Toilet dijadikan salah satu sudut ruangan favorit yang direncanakan dengan khusus.

Apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam membuat desain toilet yang baik.

  • Tata Letak
tata letak kamar mandi

Posisi kamar mandi hendaknya dekat dengan ruang-ruang yang penting atau ruangan yang sering digunakan penghuni rumah untuk beraktivitas sehari-hari. Aktivitas yang berhubungan dengan kegiatan yang bersifat biologis, seperti ruang makan, dapur, dan kamar tidur. Hal ini berguna untuk memudahkan penghuni rumah pada saat akan menggunakan kamar mandi.

Toilet juga sebaiknya diberi jarak dari ruangan-ruangan yang menyimpan menyimpan barang-barang elektronik. Karena ruangan kamar mandi yang cenderung lembag di khawatrikan dapat berdampak negatif pada perangkat elektronik yang ada

  • Dinding

Desain kamar mandi yang sehat juga tidak terlepas dari elemen dindingnya. Gunakan marmer, batu alam, granit, keramik atau memberi lapisan dinding dengan cat minyak atau cat akrilik yang tahan air.

Dinding kamar mandi rumah juga sebaiknya dipasang elemen penutup dinding, dengan ketinggian minimal 150 cm dari lantai, hal tersebut dimaksudkan untuk menghindari cipratan air pada dinding. Pilihlah dinding dengan motif yang tidak terlalu banyak warna. Hal ini untuk menciptakan suasana yang lebih relaks.

  • Sirkulasi Udara

Dalam ilmu arsitektur, untuk mendesain bangunan di tanah tropis, arsitek akan dianjurkan memikirkan ventilasi silang supaya udara mengalir. Pada bangunan hijau juga disebutkan ukurannya untuk udara mengalir adalah satu meter per detik.

Sebaiknya teori tersebut juga di terapkan saat merencanakan kamar mandi, posisi kamar mandi memiliki akses bukaan ke area terbuka agar udara tidak sedap dari toilet bisa bergerak keluar keluar serta mengurangi kelembaban.

kamar mandi rumah indah

Jika kamar mandi jauh dari ruang terbuka, disarankan memasang exhaust fan di dalam toilet. Pemasangan exhaus dapat ditempatkan pada plafon dengan listrik yang tersambung pada lampu toilet. Jadi ketika masuk ke dalam kamar mandi dan menyalakan lampu, otomatis udara kotor yang tidak sedap langsung tersedot ke atas. Jika lampu di dalam toilet tidak menyala, maka exhaust fan juga tidak bekerja menyerap udara dari dalam ke luar sehingga membahayakan pengguna toilet.

Prinsip dalam mendesain kamar mandi yaitu harus aman, nyaman dan kering. Lebar toilet atau kamar mandi minimal 75 cm, seperti saat kita setengah merentangkan kedua tangan kita. Dan panjang ke depan-belakang minimal satu meter.

  • Perencanaan Jalur Pipa

Kamar mandi memiliki beberapa saluran pipa, yaitu pipa air bersih, pipa air kotor padat, pipa air kotor cair dan pipa air panas.

Pipa air kotor menyalurkan air kotor dari kloset dan air kotor dari lantai kamar mandi. Agar kotoran dapat mudah dibuang ke dalam septic tank, perlu diperhatikan kemiringan saluran pipanya. kemiringan umum yang digunakan adalah 5 derajat.

Pipa-pipa tersebut umumnya ditanam di dalam dinding dan lantai. jalur pembuanggannya adakalanya melalui ruangan-ruangan lain, seperti ruang tidur, ruang makan, dll. Ada baiknya penepatan jalur pipa tersebut direncanakan dengan baik agar saat melakukan kegiatan perawatan dapat meminimalisir biaya pembongkaran,

Kamar Mandi Menurut Feng Shui

feng shui kamar mandi

Sebagian masyarakat masih menjadikan Fengshui sebagai salah satu acuan dalam perencanaan rumah merekan, walaupun tidak wajib namun rasanya tidak ada salahnya kita mengetahui juga beberapa pendapat praktisi ilmu Feng Shui tentang tata letak kamar mandi.

  • Toilet terletak di sisi depan berdekatan dengan pintu utama

Posisi seperti ini menurut feng shui tidak baik, karena secara tidak langsung akan menyebarkan energi buruk pada orang atau tamu yang datang ke rumah.

Energi inilah yang memengaruhi syaraf berpikir seseorang untuk bertindak negatif. Penghuni rumah yang memiliki komposisi seperti ini sering mengalami penipuan, kemalingan atau perampokan.

  • Toilet Berhadapan dengan Dapur

Pintu toilet yang berhadapan dengan pintu dapur menurut feng shui tidak baik karena akan menimbulkan efek dorong dan hisap udara di antara dua ruangan tersebut.

Dapur yang higienis sebaiknya tidak terkontaminasi dengan udara yang berasal dari wc, sehingga tidak mengundang virus berbahaya. Menurut feng shui, toilet dan dapur yang berhadapan akan merusak keharmonisan suami istri.

Ketika ruangan satu dan yang lainnya berhadapan langsung, maka energi akan bergerak sangat cepat keluar dan masuk ruangan. Pada kasus pintu kamar mandi yang menghadap langsung ke dapur, energi di dalam kamar mandi seperti pelepasan dan pemurnian akan menyatu dengan energi di dapur seperti nutrisi dan kehangatan.

Bau tidak sedap yang ada di dalam kamar mandi juga dikhawatirkan mengganggu energi yang ada di dapur. Akibatnya, akan sulit menjaga kesehatan dan hubungan yang harmonis bersama keluarga di rumah.

Bila rumah Anda terlanjur memiliki desain pintu kamar mandi yang menghadap dapur, ada beberapa tips untuk memperbaiki kondisi ini tanpa harus membongkar atau melakukan renovasi total. Simak langkah-langkahnya.

  • Upayakan agar pintu kamar mandi selalu tertutup. Cara ini bisa menjaga energi dikamar mandi tidak menyebar ke ruangan dapur.
  • Pastikan kamar mandi Anda selalu bersih dan nyaman untuk dipakai, dengan demikian ada energi feng shui yang positif di dalamnya.
  • Temukan cara kreatif untuk membuat pemisah yang jelas antara kamar mandi dan dapur. Contohnya, Anda bisa bereksperimen dengan tirai bambu atau menutup elemen kaca dari pintu (jika pintu kamar mandi memiliki kaca).
  • Pilih warna cat dinding yang berbeda antara kamar mandi dan dinding dapur. engan begitu ada pemisahan energi antara masing-masing ruangan.
  • Ciptakan pusat perhatian (focal point) di antara kedua area dengan dekorasi atau aksesoris. Misalnya, gantung lukisan artistik atau pilih warna-warna sesuai dengan elemen area masing-masing.
  • Jika anda telah memahami penataan ruang yang ‘pas’ untuk memisahkan fungsi kedua ruangan tersebut, maka jangan ragu bereksperimen dan mengembangkan ide sesuai dengan benda yang ada di sekitar Anda.
  • Toilet berhadapan dengan kamar tidur 

Pintu kamar tidur sebaiknya tidak berhadapan langsung dengan pintu toilet atau kamar mandi. Posisi pintu yang berhadapan itu tidak baik untuk kesehatan dan keharmonisan hubungan suami istri. Bahkan dapat pula menyebabkan seseorang sulit memiliki keturunan.

  • Pintu toilet terlihat dari pintu masuk

Dalam feng shui, posisi ini berpengaruh buruk dalam hal rezeki dan keuangan penghuni rumah, karena energi positif yang masuk langsung tersedot hilang ke dalam toilet. Jalan keluarnya adalah dibuat sekat penghalang baik yang non permanen (portabel) dapat menggunakan tabir, lemari, tanaman atau furnitur maupun dibuatkan sekat yang permanen, atau mengubah tata letak hadapan dari pintu toilet.

Untuk menghindari pengaruh buruk yang disebabkan posisi kamar mandi dan wc yang kurang tepat, ada beberapa saran sesuai feng shui, sehingga peruntungan Anda tidak akan hilang atau berkurang.
Posisi yang baik untuk toilet Anda, perhatikan saran berikut ini:

Menghindari pengaruh buruk akibat posisi kamar mandi yang kurang tepat

posisi kamar mandi yang tepat
  • Letak kamar mandi atau toilet sebaiknya berada di sudut belakang rumah.
  • Apabila kamar mandi atau toilet terletak dalam ruang keluarga atau kamar tidur, diusahakan posisinya agak tersembunyi dan memiliki ventilasi atau sirkulasi udara yang benar, misalnya mengarah ke taman atau ruang terbuka.
  • Jika letak toilet dan kamar mandi terjepit di antara dua kamar tidur, sebaiknya di bagian plafon memiliki rongga lobang angin dan kaca yang tembus cahaya agar tidak terjadi penumpukan aliran bau tidak sedap , kegelapan dan kelembaban dapat dikurangi.
  • Menggeser salah satu pintu atau memberi sekat pada pintu toilet dan kamar mandi yang berhadapan langsung dengan dengan pintu ruangan lainnya.
  • Posisi kloset yang cocok menurut Feng Shui yaitu tegak lurus atas pintu serta tidak menghadap atau membelakangi jalan.

Demikianlah artikel kami tentang Fungsi Kamar Mandi pada Rumah Tinggal, semoga dapat menambah pengetahuan dan menginspirasi anda untuk dapat di aplikasikan pada rumah impian anda.  Apakah Anda berencana melakukan renovasi atau membangun rumah dan saat ini sedang mencari konsultan jasa desain arsitektur?, Hubungi kami, tim Arsitek Rumahan untuk desain rumah dan bangunan anda

Baca juga.

  1. Sirkulasi Udara Bangunan
  2. Psikologi Arsitektur
  3. Mengenal Tangga Rumahk


Comments are closed.

UA-68162476-1
%d bloggers like this: