Furnitur Untuk Rumah Arsitektur Sederhana

Furnitur Untuk Rumah Arsitektur Sederhana

 

Selain mendesain rumah, jasa arsitek juga memegang peranan yang tidak sedikit dalam hal pembuatan dan atau penentuan furnitur yang cocok pada sebuah rumah tinggal terutama pada rumah arsitektur sederhana.

rumah arsitektur sederhana

Furnitur yang simpel dan mutifungsi menjadi salah satu solusi atas kebingungan pemilik rumah minimalis. Model, desain, dan warna merupakan faktor penentu penerapan furnitur pada jenis rumah ini. Ukuran furnitur yang dibuat pun sebaiknya disesuaikan dengan ukuran ruangan sehingga furnitur ini dapat menjadi satu kesatuan dengan hunian mungil anda. Desain rumah dengan arsitektur sederhana modern banyak menggunakan material dari besi atau alumunium yang dipadukan dengan kaca sebagai pemanisnya.

 

Perhatikan juga suhu ruangan pada rumah anda sebab hal ini berpengaruh pada perawatan furnitur. Tempatkan pada ruangan yang sejuk jika furnitur anda terbuat dari kayu. Namun, jika suhu ruangan pada rumah anda tergolong panas, siasati dengan penggunaan kaca untuk furnitur anda. Pemilihan desain furnitur yang tepat pada rumah mungil anda akan memberi kesan luas pada ruangan dan pemilihan desain furnitur yang mudah dibersihkan akan mempermudah anda untuk merawatnya.

rumah arsitektur sederhanaScandinavian dan Casual Contemporary merupakan gaya furnitur yang banyak diminati karena harganya yang ekonomis desain yang sederhana. Scandinavian merupakan gaya modern yang diadaptasi dari Eropa Utara, seperti Finlandia, Swedia, Islandia, dan Denmark. Gaya ini cenderung didominasi bahan fabric dan warna-warna netral seperti hitam, putih, krem, dan warna-warna kayu serta banyak kesan back to nature-nya.

Gaya Casual Contemporary, lebih kurang seperti Scandinavian yang berkiblat ke Eropa. Namun, bedanya gaya Casual Contemporary ini lebih cenderung polos. Untuk perihal warna, gaya ini didominasi dengan warna netral seperti abu-abu dan krem.

Pemilihan furnitur pada Rumah dengan arsitektur sederhana dan mungil perlu disiasati dengan baik, kita sebagai sang pemilik harus pintar mengatur dan mendesain ruangan yang sempit agar terlihat menjadi lebih lapang dan luas. Hal ini dimaksudkan agar semua penghuni keluarga tidak merasa bosan dengan kondisi ruangan yang sempit dan terbatas. Di sisi lain, desain rumah mungil dan minimalis bisa diterapkan dengan biaya yang murah serta memerlukan imajinasi yang bagus dalam prakteknya.

Panduan Dan Tips Desain Rumah Arsitektur Sederhana 

  • Warna cerah

Dengan penggunaan warna cerah seperti putih, maka akan menghilangkan kesan sempit pada rumah anda. Jika anda bosan dengan warna putih, anda bisa menambahkan wallpaper bermotif kecil pada dinding-dinding rumah.

  • Atap tinggi

Atap yang tinggi akan membuat kesan yang lapang pada rumah kita yang sempit. Selain itu, kita bisa menambahkan lampu-lampu yang memiliki warna cerah pada atap rumah kita yang tinggi. Dengan hal tersebut, efek luas akan lebih terasa.

  • Kurangi penggunaan sekat ruangan

Dengan adanya sekat di sana-sini pada ruangan rumah, maka kesan yang didapat adalah kesan negatif yang membosankan dan sempit. Maka dari itu, pengurangan sekat akan membuat rumah kita tampil lebih luas. Contohnya adalah menghilangkan sekat diantara ruangan dapur dan ruang keluarga.

  • Penggunaan cermin

Cermin bersifat memantulkan sebuah objek. Jadi dengan adanya penambahan cermin dalam interior rumah kita, maka anda seolah-olah memiliki ruangan yang dua kali lebih besar karena pantulan yang dihasilkan oleh cermin. Hal tersebut tentunya akan membuat rumah anda terkesan lebih luas.

  • Pilihan perabotan

Memilih perabotan rumah yang disesuaikan dengan ukuran ruangan. Usahakan untuk membeli perabotan yang warnanya seragam dengan warna ruangan serta dengan ukuran yang kecil. Hal ini dimaksudkan untuk memunculkan efek ruangan yang luas.

Berikut contoh penerapan furnitur  simpel dan multifungsi.

Teras Rumah

rumah arsitektur sederhanaAnda dapat meletakkan kursi minimalis multifungsi dan atau meja kecil pada teras jika memungkinkan. Anda dapat menerima tamu atau hanya sekedar duduk santai sejenak sambil membaca buku yang terimpan pada bagian tangan dan kaki kursi ini.

Ruang Tamu

Pilihlah furnitur yang simpel –tidak terlalu banyak motif dan tidak terlalu banyak lekukan sehingga tidak makan tempat. Anda juga bisa memilih coffe table yang multifungsi seperti gambar berikut yang juga bisa digunakan untuk menyimpan majalah, buku, dan lainnya.

rumah arsitektur sederhana

Ruang Keluarga

Backdrop ini selain menjadi dekorasi ruang juga berfungsi sebagai meja tv, rak hiasan meja dan partisi ruang.

rumah arsitektur sederhana

Berikut contoh lain dari pemilihan furnitur untuk ruang keluarga yang menyatu dengan ruang makan. Tidak adanya sekat antara dua ruang membuat ruang menjadi lebih luas.

rumah arsitektur sederhana

Ruang Makan dan Dapur

Pada rumah minimalis, umumnya ruang makan dan  dapur dijadikan satu agar menghemat tempat. Banyak cara digunakan untuk memaksimalkan penyimpanan peralatan makan dan peralatan dapur yaitu dengan pemilihan furniturnya.

rumah arsitektur sederhana

Pada gambar, jika jam makan belum tiba, mini bar tersebut dapat digunakan sebagai meja dapur untuk menyiapkan segala keperluan makan. Dan kita pun bisa bersantai duduk di kursi makan.

Dan mini bar tersebut dapat berubah menjadi meja makan jika segalanya sudah siap. Anda juga dapat menyiasati meja makan dan rak piring menjadi satu, yaitu dengan lemari lipat (panel yang dapat dibuka tutup) berikut. Sehingga anda dapat menciptakan ruang yang luas jika diperlukan.

Dan anda juga dapat membuat meja multifungsi sebagai tempat penyimpanan peralatan makan dan perkakas dapur seperti gambar berikut.rumah arsitektur sederhana

Pemilihan warna-warna furnitur yang kalem dan netral seperti coklat, krem, putih dapat memberi kesan luas dan bersih pada ruang terutama pada hunian berarsitektur sederhana. Dapur yang tersembunyi adalah cara cerdas lainnya dalam menyiasati rumah mungil anda. Penggunaan partisi lipat adalah solusinya.

rumah arsitektur sederhana

Anda dapat menyatukan dapur dan mengubah fungsi ruang keluarga menjadi ruang makan kapan pun anda butuhkan dengan hanya melipat partisi tersebut.

Anda juga dapat membuat meja makan yang multifungsi seperti gambar disamping. Ketika anda memerlukan ruang yang lebar untuk menaruh piring atau gelas, anda dapat menarik keluar “laci” meja dan tentunya anda juga dapat menyimpan sndok, garpu, sumpit, pisau pada “laci” lainnya.

Bagi sebagian orang, akan memilih meja makan yang sekaligus menjadi tempat menyimpan kursi sehingga menghemat ruang.

rumah arsitektur sederhana

Kamar Tidur

Ini adalah salah satu desain tempat tidur idaman saya –menyatu dengan lemari penyimpanan, dan meja kerja. Ruang yang dibutuhkan pun tidak besar.

rumah arsitektur sederhana

Selain itu, pemilihan warna putih pada furnitur pun, memberi kesan ringan dan bersih. Material yang digunakan pun mudah dibersihkan.

Kamar tidur anda sempit tetapi barang anda banyak? Jangan kuatir. Anda bisa mendesain kamar tidur kesayangan anda seperti gambar disamping.

Tempatkan kasur pada bagian atas setengah ruangan dan pada ruang bawah, tempatkan barang-barang anda, seperti meja kerja, komputer, printer, lampu meja, mobile drawer, atau bahkan lemari pakaian kecil. Dan jangan lupa, pilihlah cat dinding yang berwarna terang sehingga menambah kesan luas pada ruangan.

rumah arsitektur sederhanaBuku, majalah, alat tulis, sepatu, dan lainnya, dapat dengan mudah anda simpan di laci pada sisi tempat tidur anda.  Dan anda pun tidak perlu bingung mencari benda-benda tersebut karena sudah tertata rapi.

Ruang bawah tangga

rumah arsitektur sederhana

Banyak orang yang memanfaatkan jasa arsitek dalam hal ini agar ruang bawah tangga lebih maksimal sehingga hunian menjadi lebih cantik. Menjadikan ruang bawah tangga sebagai toilet atau rak hias adalah salah satu solusinya.

Demikianlah artikel kami tentang Furnitur Untuk Rumah Arsitektur Sederhana, semoga dapat menambah pengetahuan dan menginspirasi anda untuk dapat di aplikasikan pada rumah impian anda.  Apakah Anda berencana melakukan renovasi atau membangun rumah dan saat ini sedang mencari konsultan jasa desain arsitektur?, Hubungi kami, tim Arsitek Rumahan untuk desain rumah dan bangunan anda

Baca juga.

  1. Partisi Pada Arsitektur Rumah Minimalis 2 Lantai
  2. Ide Pagar Rumah Minimalis 1 Lantai
  3. Karakteristik Arsitektur Rumah Minimalis

Comments are closed.

UA-68162476-1
%d bloggers like this: