Panduan Memilih Cat Bagi Rumah Minimalis Anda

Panduan Memilih Cat Bagi Rumah Minimalis Anda

Apakah anda terkendala dalam menentukan warna cat yang tepat bagi rumah minimalis anda?, jika jawaban anda adalah ya, maka artikel ini dapat membantu anda. Kebanyakan orang memang mengaku kebingungan dalam menentukan warna cat yang bagi rumah mereka, hal tersebut juga alasana mengapa banyak rumah dicat dengan warna putih oleh banyak pemilik rumah, karena warna putih dirasa “aman” dan netral.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih warna cat bagi rumah minimalis anda, hal-hal seperti gaya bangunan, jenis ruangan, kesan yang ingin dimunculkan, kombinasi warna serta warna-warna hiasan ruangan seperti furniture, kusen, dll adalah beberapa diantaranya. Pemilihan warna yang tepat bukan saja akan menambah keindahan rumah anda, juga akan menambah rasa percaya diri serta mempengaruhi perasaaan dari pemilik rumah.

Secara umum menurut penempatannya terdapat dua jenis cat yang umum digunakan pada rumah minimalis, yaitu cat interior untuk dalam ruangan dan cat exterior untuk luar ruangan. Cat exterior memiliki kelebihan lebih tahan terhadap perubahan cuaca dan memiliki harga yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan dengan cat interior.  Pertimbangan pemilihan warna bagi sisi luar maupun dalam ruangan juga tentu saja berbeda, biar tidak tambah binggung, berikut kami berikan beberapa tips dalam memilih warna bagi hunian anda.

Pemilihan Warna Sisi Luar

Perhatikan warna atap

Warna yang anda pilih untuk sisi luar rumah minimalis bukan saja perlu menyesuaikan dengan warna dominan bagi interior anda namun juga perlu bersinergi dengan warna atap hunian anda. Jika atap rumah dianalogikan dengan topi makan fasad adalah wajah bagi rumah anda, keduanya sangat mempengaruhi baik atau buruknya tampilan hunian anda, untuk itu agar tampil selaras sebaiknya di pilih warna cat  yang yang bersinergi.

warna rumah minimalis

Memilih warna-warna netral

Penggunaan warna netral seperti warna cream/krem, abu-abu maupun putih mampu memantulkan sebagian besar warna dari sinar matahari sehingga dapat mengurangi panas yang masuk ke dalam rumah.

warna rumah minimalis

Gunakan warna terang sebagai aksen

Untuk menghadirkan tampilan muka bangunan yang modern dan minimalis, baiknya tidak memilih warna yang mencolok, seperti merah atau kuning sebagai warna dominan pada fasad. Warna-warna tersebut manakala digunakan pada fasad bangunan, warna mencolok dapat digunakan sebagai aksen dan tetap mengkobinasikan dengan warna netral.

warna rumah minimalis

 

Pemilihan warna bagi Sisi Dalam

Pilih warna-warna yang dapat membangun mood

Dinding  setiap ruangan rumah sebaiknya diberikan pewarnaan yang berbeda. Selain untuk memberikan keindahan, perbedaan warna cat dinding  secara psikologis juga bisa memengaruhi suasana hati yang berbeda pula. Ruang tamu dan ruang keluarga misalnya sebagai tempat berkumpulnya anggota keluarga di ruangan ini perlu di munculkan suasana yang penuh dengan kehangatan. Warna-warna netral seperti putih, abu-abu, atau beige sangat cocok untuk ruangan ini. 

warna rumah minimalis

Perhatikan jenis pencahayaan ruang

lampu pijar akan menimbulkan cahaya yang menonjolkan warna-warna hangat dan warna kuning, sedangkan lampu pendar akan menghasilkan cahaya dengan warna kebiruan. Memilih warna yang tepat sesuai dengan jenis lampu yang digunakan akan mengoptimalkan kesan ruangan yang diharapkan di ruangan tersebut.

warna rumah minimalis

Test kecocokan warna.

Hunian kita  tidak hanya memiliki satu ruangan, jadi kita harus mampu mempadupadankan warna agar hunian terlihat menarik.   Setiap ruangan harus mempunyai komposisi yang seimbang untuk mendukung setiap ruangnya. Keserasian ini bisa didapat dari warna furnitur, dekorasi seperti karpet dan hiasan dinding, serta pencahayaan yang tepat. Uji kompisisi warna dapat dilakukan dengan membuat mock up atau sample pada salah satu dinding anda. Beberapa pabrikan cat bahkan memiliki aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan test komposisi ini.

warna rumah minimalis

Contoh lainnya adalah menggunakan lingkaran warna, lingkaran ini umum digunakan para desainer garfis, interior dan arsitek untuk memilih kombinasi warna yang menarik.

warna rumah minimalis

Mix & match adalah salah satu kunci dalam menemukan warna cat yang sesuai untuk hunian anda, Banyak kombinasi yang bisa anda pilih untuk mewarnai satu hunian,  gunakan intuisimu dalam memilih warna yang cocok dengan kepribadianmu.

Demikian artikel kami tentang Panduan Memilih Cat Bagi Rumah Minimalis Anda. Apakah Anda berencana melakukan renovasi atau membangun rumah dan saat ini sedang mencari konsultan jasa desain arsitektur?, Hubungi kami, tim Arsitek Rumahan untuk desain rumah dan bangunan anda

Baca juga.

  1. Perlunya Jasa Arsitek Rumah dalam Proses Konstruksi
  2. Inspirasi Arsitektur Rumah Jepang bagi Hunian Anda
  3. Inspirasi Arsitektur Ruko Modern yang Menawan

Comments are closed.

UA-68162476-1
%d bloggers like this: