Kesan Mewah Pada Arsitektur Rumah Modern

Memunculkan Kesan Mewah Pada Arsitektur Rumah Modern

arsitektur rumah modern mewah

Kita semua umumnya sudah pasti bisa membedakan mana arsitektur rumah yang dikategorikan mewah dan tidak, namun jika kita diminta mendeskripsikan kenapa satu karya arsitektur dikategorikan sebagai mewah, kemungkinan tidak semua orang mampu menjelaskan. Kemewahan dari sudut pandang arsitektur umumnya diukur dengan hal-hal yang serba berlebih atau di atas kewajaran misal taman yang luas, jumlah kamar tidur dan kamar mandi yang banyak dalam satu rumah, ukuran pagar yang lebih tinggi atau  kolom yang dibuat lebih besar dibanding kebutuhan.  

Kemewahan klasik seperti hal-hal tersebut akan semakin berkurang seiring dengan semakin mahalnya harga tanah dan semakin mengecilnya luasan rumah. Definisi rumah mewah sudah sedikit bergeser, kemewahan dalam arsitektur rumah modern saat ini tidak lagi diukur melalui halaman luas atau kuantitas kamar yang dimiliki serta lokasinya yang berada di areal mewah tertentu. Ukuran bangunan rumah mewah juga saat ini semakin menyusut, banyak kita temui bangunan mewah di perkotaan dengan luasan lahan 72 m2 – 90 m2. Jika demikian apa yang membedakan rumah mewah dan tidak mewah ? dan apa yang perlu diperhatikan untuk memunculkan kesan mewah pada satu karya arsitektur, terutama pada arsitektur rumah modern?.

Arsitek sebagai perencana saat ini perlu lebih kreatif untuk menghadirkan kesan mewah. Menurut  Shane Plazibat,  seorang praktisi arsitektur perumahan mewah di Australia. Kemewahan dari sudut pandang arsitektur adalah penataan ruang dan pencahayaan yang berkualitas serta kesesuaian pemilihan material serta perhatian atas detail-detail bangunan.  Plazibat juga mengungkapkan bahwa  banyak arsitek yang mengintrepretasikan kemewahan dengan penggunaan material-material mahal , hal ini menurutnya tidak sepenuhnya tepat karena kemewahan lebih pada kualitas desain arsitek dalam menciptaan kesan di setiap ruangan pada satu rumah.

Seiring dengan semakin populernya gaya arsitektur rumah modern  dan mengacu pada definisi yang diberikan oleh Shane Plazibat serta berdasarkan pengalaman penulis, maka kesan mewah dapat dimunculkan melalui beberapa hal berikut.

  • Penciptaan kesan ruang yang berkulitas

Ruangan yang berkualitas tentu saya ruangan yang nyaman bagi penghuni. Umumnya ruangan ini diwujudkan dengan rungan yang terkesan luas, tidak menggunakan banyak ornamen  serta terkesan bersih.  Selain itu ruangan berkualitas juga tentu perlu berfungsi sesuai kebutuhan penghuninya.

  • Pencahayaan dan pengudaraan ruang yang cukup.

Sebaik  apapun ruangan jika tidak mendapatkan pencahayaan dan pengudaraan yang cukup akan menjadi lembab dan berbau, hal tersebut  tentu saja akan mengurangi kenyamanan.

  • Pemilihan ornamen-ornamen yang sesuai

Arsitek sebagai perencana  perlu memahami sifat-sifat material yang dipilih serta pasangan-pasangan yang sesuai bagi material tersebut. Penggunaan material yang berkesan “timeless” juga banyak disarankan para arsitek profesional, salah contoh material timeless adalah kayu dan batu bata ekspos yang diolah dengan optimal.

  • Keberadaan fasilitas pendukung

Salah satu ciri khas rumah mewah adalah adanya fasilitas kegiatan yang umumnya tidak ditemui di rumah pada umumnya seperti ruangan untuk olahraga, walking closet, kolam ikan di dalam ruangan, taman di dalam rumah, dll. 

Bagaimana trend arsitektur rumah mewah di masa mendatang?.  Plazibat berpendapat bahwa waupun luasan bangunan semakin menyusut namun rumah mewah tetap akan tumbuh, penghuni juga cenderung untuk kebutuhkan ruang bagi kegiatan rekreasi  penghuni serta  ruang untuk taman merupakan hal utama yang perlu diperhatikan arsitek rumah mewah.  Roof garden, rooftop  pool dan  taman-taman vertikal merupakan contoh-contoh aplikasi dari kebutuhan-kebutuhan tersebut. berikut salah satu video menarik tentang rumah modern mewah untuk inspirasi kita 🙂

Demikian artikel kami tentang bagaimana memunculkan kesan mewah pada arsitektur rumah modern, jika anda membutuhkan bantuan arsitek dalam proses perencanaan rumah mewah anda, segera hubungi kami Arsitek Rumahan.

Baca juga.

  1. Inspirasi Arsitektur Rukok Modern yang Menawan
  2. Keunikan Arsitektur Rumah Joglo
  3. Inspirasi Arsitektur Rumah Jepang bagi Hunian Anda 

Comments are closed.

UA-68162476-1
%d bloggers like this: