Ide Pagar Rumah Minimalis 1 Lantai

Ide Pagar Rumah Minimalis 1 Lantai

pagar rumah minimalis 1 lantaiPagar merupakan salah satu bagian rumah yang penting apapun model dan luasan rumah anda baik it rumah minimalis 1 lantai ataupun 2 lantai di lahan terbatas ataupun rumah klasik dengan lahan yang luas. Pagar merupakan pembatas untuk mempertegas wilayah kepemilikan, pengamanan dari area rumah serta salah satu komponen pendukung dari estetika rumah anda.

Berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pengertian pagar yaitu suatu benda yang digunakan untuk membatasi (mengelilingi, menyekat) pekarangan, rumah, tanah, kebun, dan sebagainya sedangkan menurut wikipedia,  pagar adalah struktur tegak yang dirancang untuk membatasi atau mencegah gerakan melintasi batas yang dibuatnya.

Aturan pembuatan pagar

Aturan dibuat agar masing-masing orang memahami kewajiban dan haknya, demikian juga dengan pembuatan pagar, agar semua pihak merasa diuntungkan. Beberapa aturan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Aturan di rumah tinggal.

Aturan ini menyangkut etika hidup bertetangga. Didalamnya termasuk regulasi pemerintah dan pengembang perumahan. Sebagai contoh, kita harus memahami regulasi tentang tinggi pagar yang diijinkan. Jika hunian Anda berupa perumahan cluster atau town house, penggunaan pagar yang tinggi tentunya bertentangan dengan konsep keramahan yang dijual. Dan hal inilah yang kerap kita jumpai pada perumahan minimalis satu lantai yang didesain tanpa pagar.

  • Kebutuhan penghuni rumah.

Kebutuhan ini sifatnya berbeda-beda yang akan menyesuaikan fungsi pagar itu sendiri. Jika untuk melindungi wilayah pribadi, maka gunakan pagar dengan tinggi diatas rata-rata orang dewasa yaitu sekitar 1,8 meter dan dapat ditambahkan beberapa pohon tinggi apabila ketinggian tersebut kurang memenuhi kebutuhan. Tetapi, apabila desain rumah anda berkonsep minimalis, maka tinggi pagar cukup 1,5 meter. Jika anda tidak menginginkan orang asing masuk ke wilayah rumah, anda dapat membangun pagar setinggi 1,7 – 2,5 meter dan dapat ditambahkan benda tajam dan lancip seperti kaca, paku, duri, dan lainnya. Jika anda hanya akan menggunakan pagar sebagai pembatas kavling, maka pagar yang dibangun merupakan pagar rendah yaitu sekitar 1 -1,2 meter. Khusus untuk rumah yang terletak di pinggir jalan raya, sebaiknya membangun pagar setinggi 1,8 – 2 meter untuk memberikan rasa aman dan nyaman, serta dapat mengurangi kebisingan suara yang berasal dari jalan raya.

Jenis dan Fungsi Pagar

Bentuk dan macam pagar sangat bervariasi, hal tersebut dipengaruhi oleh fungsi dan jenis pagar itu snediri. Menurut jenisnya pagar dapat dibagi menjadi beberapa macam,

pagar rumah minimalis 1 lantai

  1. Pagar Pembatas, bertujuan untuk mengidikasikan batas tanah serta melindungi penghuni di dalam area pagar
  2. Pagar privasi, untuk memberikan privasi, baik secara visual maupun sebagai penyaring dari suara bising yang berasal dari sisi luar pagar.
  3. Pagar sementara, pagar yang digunakan dengan tujuan memberikan keselamatan dan keamanan. umum digunakan pada pelaksanaan satu kegiatan konstruksi, arkeologi, dll.
  4. Pagar pengaman, tipe pagar yang digunakan untuk menghindari pelanggar batas atau pencuri ataupun untuk mencegah hewan peliharaan untuk keluar.
  5. Pagar hias, jenis pagar yang digunakan untuk mempercantik tampilan rumah, taman, atau lainnya.

Berdasarkan fungsinya pagar dapat di kategotikan menjadi beberapa hal berikut,

pagar rumah minimalis 1 lantai

  1. Merupakan pembatas kepemilikan yaitu membatasi area yang menjadi milik kita.Pagar membatasi sebuah area dengan area yang lain, sehingga jelas batasnya. Ini terkait keperluan administrasi pertanahan, agar dikemudian hari tidak terjadi sengketa. Atau untuk menandai kepemilikan atas sebuah tanah atau lahan. Umumnya pagar yang dibuat tidak harus tinggi, hanya sebatas menandai sebuah area, namun masih bisa untuk akses lalu lintas antar kedua sisi.
  2. Pagar sebagai penghalang lalu lintas. Pagar dengan fungsi ini umumnya dibuat tinggi sehingga tidak memungkinkan orang atau binatang yang tidak dikehendaki untuk bisa melewatinya. Biasanya dibuat untuk membatasi sekaligus menjaga sebuah properti yang tergolong penting, atau jarang di awasi pemiliknya. Biasa juga dijumpai pada properti yang dimiliki oleh pemerintah atau badan-badan yang berada di bawahnya. Lalu lintas biasanya terpusat pada satu titik dengan pintu masuk atau keluar.
  3. Merupakan pelindung yaitu melindungi rumah dan pemiliknya dari gangguan seperti pencuri, polusi udara, suara bising, panas matahari, dll. Pagar dengan fungsi ini merupakan fungsi dasar itu sendiri. Pagar dapat memberi perlindungan dari bahaya-bahaya yang dikhawatirkan muncul dari luar pagar. Bahaya binatang buas, kriminalitas, melindungi properti dan lain sebagainya. Daerah dengan tingkat kriminalitas tinggi biasanya ditandai dengan rumah-rumah yang berpagar tinggi dan berujung runcing pada bagian ujung atas pagar.
  4. Pagar sebagai penghalang pandangan. Fungsi lain yang yang juga diperoleh dari pagar adalah untuk menghalangi pandangan orang-orang yang lalu lalang di depan rumah. Umumnya pagar dibuat dengan tambahan penghalang pandang, bisa berupa lembaran vynil pvc atau dibuat permanen dari tembok, atau papan kayu yang terpasang pada rangka pagar besi. Dengan fungsi ini, orang yang berada diluar tidak dapat melihat kondisi yang berada didalam pagar, sehingga privasi lebih terjaga.
  5. Sebagai fungsi estetika.Fungsi ini seringkali terlupa untuk disampaikan, namun fungsi ini melekat secara langsung kepada pagar, terutama pagar yang dipasang di lingkungan rumah tinggal. Selain fungsi-fungsi yang bersifat keamanan, pagar juga membawa pesan selera keindahan yang dimiliki pemilik rumah. Pada pagar umumnya terdapat ornamen-ornamen yang mempercantik pagar rumah, atau juga model dan desain yang membuat pagar semakin elegan.

Tips Membat Pagar Rumah Minimalis 1 Lantai 

pagar rumah minimalis 1 lantai

  1. Strukturnya kokoh. Sebagai pengaman tentu saja pagar harus dibuat kokoh, pagar yang ringkih tentu saja kan membahayakan penghuni maupun orang di sekitarnya.
  2. Menyesuaikan dengan karakter penghuni. Model dan bentuk pagar seringkali harus menggambarkan sifat penghuninya dan menselaraskan dengan tema bangunannya. Tinggi rendah dan kekokohan pagar umumnya juga di kaitkan dengan tingkat rasa aman penghuninya.
  3. Fungsi dan Model pagar harus saling menunjang. Rumah minimalis baiknya juga memiliki pagar dengan model minimalis hal ini akan semakin memperkuta kesan dan memunculkan estetika bangunan.
  4. Model dan ukuran pagar harus sesuai dengan kondisi luas lahan, fungsi, proporsi, komposisi bangunan, serta lokasinya.
  5. Pilihan material, tekstur dan warna harus selaras dengan bentuk dan gaya bangunan rumah.
  6. Kehadiran pagar jangan sampai menjadi penghalang dalam menikmati keindahan desain rumah yang telah ada.

Mendesain Pagar Rumah Minimalis 1 Lantai

Dewasa ini banyak pengembang perumahan yang tidak membangun pagar pada rumah-rumah yang dibangunnya dengan berbagai alasan, salah satunya adalah faktor jaminan keamanan yang tinggi pada wilayah perumahan tersebut. Dan perumahan cluster adalah contoh perumahan tanpa pagar.

Lalu, apa saja hal yang perlu dipertimbangkan dalam pembuatan pagar?

Memperhatikan gaya pada sebuah rumah adalah salah satu faktor penting dalam pembuatan pagar. Desain pagar sebaiknya masih satu tema dengan konsep rancangan rumah sehingga pengembangan bentuk dan detailnya mengikuti tema tersebut. Jarak rumah dengan pagar juga patut menjadi bahan pertimbangan. Desain pagar rumah mungil khususnya rumah minimalis satu lantai sebaiknya jangan terlalu rumit dan berwarna. Sebaiknya pilihlah bentuk ramping sederhana dan proporsional terhadap rumah.

pagar rumah minimalis 1 lantaiPemilihan material pagar juga perlu diperhatikan karena akan berpengaruh pada perawatannya. Salah satu material pagar yang umum digunakan yaitu besi tempa karena mudah dibentuk, kuat dan mudah perawatannya. Ciri khas desain pagar pada rumah minimalis 1 lantai yaitu tidak menerapkan banyak ornamen dan mengedepankan pola-pola sederhana (garis vertikal, garis horizontal, dan sedikit aksen). Selain itu menggunakan warna-warna seperti abu-abu, hitam, putih.Tetapi jika ingin berbeda, dapat menggunakan warna-warna yang sejuk dan dingin, seperti warna merah bata, hijau, biru tua. Atau menggunakan tiga warna yang kontras.

Demikianlah artikel kami tentang Tipd dan Ide Pagar Rumah Minimalis 1 Lantai, semoga dapat menambah pengetahuan dan menginspirasi anda untuk dapat di aplikasikan pada rumah impian anda.  Apakah Anda berencana melakukan renovasi atau membangun rumah dan saat ini sedang mencari konsultan jasa desain arsitektur?, Hubungi kami, tim Arsitek Rumahan untuk desain rumah dan bangunan anda

Baca juga.

  1. Karakteristik Arsitektur Rumah Minimalis
  2. Gambar Rumah Modern Masa Kini
  3. Inpirasi Teras Rumah Minimalis 

Comments are closed.

UA-68162476-1
%d bloggers like this: