Pengolahan Fasad Untuk Model Rumah Modern

 Pengolahan Fasad Untuk Model Rumah Modern

Fasad bagi model rumah modern seperti udara bagi manusia, perannya sangat penting sebagai bagian dari estetika. Tempat tinggal yang nyaman dihuni dan indah serta berkarakter adalah harapan bagi setiap pemilik rumah, fungsi karakter dan estetika  dapat dihadirkan melalui penggunaan fasad pada satu model rumah modern.

model rumah modern

Rumah dengan desain modern tentu harus mempertimbangkan keseimbang antara desain interior dan eksterior namun dalam desain rumah minimalis modern banyak yang berpendapat bahwa  bagian yang mendapatkan perhatian adalah sisi depan eksterior rumah yang biasa dikenal dengan istilah Fasad. Desain fasad umumnya selalu menjadi sebuah perhatian utama bagi umum, bagian yang pertama kali di nilai dari sebuah bangunan. Beberapa kritikus arsitektur berpendapat bahwa desain dari fasad model rumah modern memang mewakili desain dari keseuruhan rumah tersebut.

Rasanya tidak ada elemen rumah yang demikian menarik perhatian selain fasad. Ini jika kita memandang rumah tersebut dari luar. Bahkan tampak depan bangunan itu juga bisa menjadi penanda, pembeda antara satu rumah dangan rumah yang lain. menjadi semacam identitas, bukan hanya identitas bangunan tetapi juga identitas pemiliknya. Namun dalam perencanaan satu bentu fasad selain memperhitungkan fungsi dan tampilan anda juga perlu memahami juga cara perawatan serta perbaikannya.

Fungsi Fasad

  1. Fasad sebagai Eksterior Bangunan

Fasad merupakan bagian dari eksterior bangunan yang berfungsi sebagai pembatas ruang dalam dengan lingkungan sekitarnya, membatasi pandangan dari luar ke dalam dan sebaliknya serta meredam suara dari luar ke dalam . Fasad sebagai bagian eksterior umumnya juga direncanakan dengan menyesuaikan dengan iklim dimana bangunan berada

model rumah modern

  1. Fasad Sebagai Citra Pertama

Sebagaimana disampaikan sebelumnya fasad adalah hal penting dalam satu karya arsitektur karena bagian ini yang pertama dinikmati oleh orang di sekitarnya. Untuk itu desain satu fasad perlu dibuat semenarik mungkin agar menimbulkan kesan yang baik dan mendalam terhadap penikmatnya. Satu rumah dengan desain fasad yang baik juga umumnya dapat menjadi  Landmark Kawasan, karena memiliki hal yang berbeda dari lingkungannya secara bentuk, gaya, warna, hingga penggunaan material

model rumah modern

  1. Fasad Sebagai kulit Bangunan

Sebagai bagian dari satu arsitektur bangunan, fasad yang terletak di sisi terluar bangunan juga berperan sebagai sebagai peneduh bagi penghunu dan kulit pelapis bagi bangunan tersebut. fasad diibaratkan sebagai kulit yang melindungi komponen lain yang berada didalamnya.

model rumah modern

Macam Fasad Model Rumah Modern

Untuk anda yang saat ini sedang mencari inspirasi dalam membuat sebuah desain fasad rumah yang berkonsep modern, berikut adalah beberapa inspirasi fasad model rumah modern yang kami susun berdasarkan material pembentuknya.

BAJA

Baja merupakan bahan material konstruksi modern yang dikenal kuat serta memberikan kesan kokoh pada bangunan. Aplikasi material baja bukan hanya dapat digunakan sebagai ornamen struktur namun juga dapat digunakan sebagai ornamen arsitektur saat di aplikasi di fasad satu rumah penggunaannya pun dapat dipadukan dengan material lain seperti kayu dan beton, sehingga terlihat semakin indah dan menarik.

model rumah modern

KAYU

Kayu sebagai material bangunan telah dikenal sejak zaman dahulu baik sebagai ornamen struktur, arsitektur maupun interior satu bangunan. Sebagai ornamen fasad bangunan penggunaan material kayu akan membuat tampilan rumah tampak lebih mewah dan elegan. Kayu dengan seratnya memiliki kesan yang alami serta hangat dan nyaman. Namun saat ini aplikasi kayu pada proses konstruksi semakin berkurang karena semakin mahalnya harga kayu di pasaran serta pengaplikasiannya yang membutuhkan keahlian khusus dan pertimbangan perawatan.

model rumah modern

Beton

Penerapan beton sebagai fasad rumah sudah banyak digunakan mengingat bahan yang diperlukan pun mudah didapat. Untuk penerapannya umumnya beton tampil dengan konsep beton ekspos. konsep beton ekspos akan memberikan kesan kokoh dan natural . Salah satu alternatif dari aplikasi beton yang banyak digunakan pada hunian modern adalah GRC (Glass Reinforce Cement) yang dapat dibentuk sesuai desain perencana. Selain itu saat ini juga sudah terdapat beton dengan tampilan kayu sebagai alternatif pengganti tampilan material kayu yang dapat digunakan si dinding, lantai dan plafon rumah anda

model rumah modern

KERAMIK 

Keramik merupakan salah satu material yang biasa digunakan pada fasad rumah. Sifatnya yang mudah dibersihkan dan  tahan terhadap cuaca dan sinar matahari menjadi alasan penggunaan material ini. Motif, warna dan desainnya pun beragam sehingga lebih banyak pilihan. Penggunaan keramik pada fasad rumah lazim kita temui pada rumah pada tahun 70-80 an.

model rumah modern

BATU ALAM

Batu alam merupakan material fasad yang banyak ditemui pada gaya rumah modern kontemporer. sifatnya yang memunculkan kesan alami, kuat dan estetis menjadi alasan bagi perencana untuk memilih material ini pada fasad. Batu alam juga perlu dirawat secara berkala untuk mengembalikan kesan kilai dan warna naturalnya.

model rumah modern

KACA

Material kaca mungkin material fasad yang paling banyak kita temui saat ini. penggunaan kaca pada dinding bangunan memungkinkan cahaya untuk masuk kedalam bangunan dengan optimal, namuin berdampak juga pada naiknya suhu ruangan di dalam rumah. Saat ini terdapat beragam jenis kaca yang dapat digunakan untuk fasad yang baik untuk mengurangi panas dan silau. Fasad kaca umum digunakan pada bangunan bertingkat.

model rumah modern

VEGETASI

Salah satu opsi material fasad yang populer belakangan ini adalah penggunaan tanaman. Jenis tanaman yang digunakan adalah tanaman rambat yang diposisikan di dinding luar bangunan. selanjutnya tanamana secara alami akan bergerak dan mennutupi dinding luar bangunan. Satu hal yang perlu diperhatikan saat merencanakan tanaman sebagai fasad adalah pemeliharaannya.

model rumah modern

Demikianlah artikel kami tentang Pengolahan Fasad Untuk Model Rumah Modern,semoga dapat menginspirasi anda untuk di aplikasikan pada rumah impian anda. Untuk memberikan kesan minimalis yang lebih sempurna, sempurnakan fasad rumah minimalis dengan furniture serta interior berkonsep minimalis yang idenya akan kami share juga di beberapa artikel kedepan. Apakah Anda berencana melakukan renovasi atau membangun rumah dan saat ini sedang mencari konsultan jasa desain arsitektur?, Hubungi kami, tim Arsitek Rumahan untuk desain rumah dan bangunan anda

Baca juga.

  1. Panduan Memilih Cat Bagi Rumah Minimalis Anda
  2. Perlunya Jasa Arsitek Rumah dalam Proses Konstruksi
  3. Inspirasi Arsitektur Rumah Jepang bagi Hunian Anda

 

Comments are closed.

UA-68162476-1
%d bloggers like this: