Karakteristik Arsitektur Rumah Minimalis

Karakteristik Arsitektur Rumah Minimalis

arsitektur rumah minimalisArsitektur rumah minimalis sudah populer di Indonesia sejak tahun 2004  dan gaya arsitektur tersebut masih menjadi pilihan bagi banyak orang hingga saat ini.  selain gaya klasik dan Neo klasik,  gaya minimalis diaplikasikan juga dalam berbagai jenis seni dan desain seperti seni lukis, seni rupa, seni grafis, musik termasuk arsitektur. Istilah minimalis dalam dunia arsitektur digunakan untuk menggambarkan gaya atau teknik dalam berkarya dengan karakteristik kesederhanaan tanpa penggunaan elemen yang berlebihan sebagai respon dari gaya klasik yang penuh dengan dekorasi dan warna.

Gaya minimalis dalam arsitektur sangat dipengaruhi oleh budaya tradisional Jepang. Masyarakat Jepang memodifikasi dan membawa prinsip-prinsip filosofi Zen dalam elemen-elemen bangunan mereka. Ide tersebut kemudian menyebar dalam budaya barat terutama Amerika di akhir abad 18 dan mengispirasi munculnya gaya arsitektur minimalis pada abad 19. Beberapa tokoh arsitek yang mengadopsi gaya arsitektur minimalis adalah Le Corbusier,  Ludwig Mies van der Rohe dengan mottonya yang sangat legendaris yaitu “less is more”, Philip Johnson, Raymond Hood, Louis Skidmore, serta arsitek ternama dari Jepang Arata Isozaki dan Tadao Ando.

Desain minimalis sebenarnya merupakan titik jenuh dari banyaknya arsitektur yang protes dengan pembangunan rumah yang berdesain klasik karena dinilai terlalu boros bahan material yang dinilai dapat merusak keseimbangan alam. Beberapa tokoh arsitektur yaitu Ludwig Mies van der Rohe, bersama Walter Gropius dan Le Corbusier, selanjutnya dikenal sebagai perintis gaya arsitektur Modern. Mies, seperti rekan-rekannya pasca Perang Dunia I, berupaya menetapkan gaya arsitektur baru yang mampu mewakili zaman modern seperti yang dilakukan arsitektur Klasik dan Gothik pada zamannya masing-masing. Ia menciptakan gaya arsitektur abad ke-20 yang berpengaruh dengan kejelasan dan kesederhanaan yang ekstrem.

Dalam model arsitektur rumah minimalis, arsitek selalu berupaya untuk meminimalisir penggunaan elemen dekorasi termasuk ornamen dan warna, hal ini didasari oleh  pertimbangan bahwa penggunaan berlebihan atas hal-hal tersebut dianggap tidak penting dan justru akan mengurangi estetika rumah itu sendiri. Arsitek juga umumnya mengkombinasika penggunaan material-material modern seperti baja dengan material-material alami seperti kayu dan batu. Berdasarkan hal-hal tersebut diketahui bahwa model arsitek rumah minimalis memiliki beberata karakteristik.

Karakteristik Arsitektur Rumah Minimalis.

  1. Bentuk bangunan didominasi dengan geometri.  Bangunan minimalis umumnya menggunakan bentuk-bentuk geometri  walau tidak melulu menggunakan bentuk kotak, namun memang kotak menjadi ide bagi banyak arsitek bagi bangunan minimalis mereka. Bentuk-bentuk sederhana seberti garis vertikal dan horizontal merupakan bentuk utama dalam gaya minimalis.
  2. Permukaan bangunan cenderung rata sehingga menimbulkan kesan “simple dan praktis”. Ciri penting dari bangunan minimalis adalah tidak menggunakan banyak ornamen dan detail yang rumit dan berat.
  3. Terkesan bersih tanpa menggunakan banyak warna-warna kontras. Umumnya bangunan minimalis menggunakan warna-warna yang bersih  sehingga minimbulkan kesan bersih, jujur dan polos.
  4. Penggunaan material modern dan Alami. Bangunan umumnya direcanakan mengkombinasikan material alami dan material modern. Komposisi dari dua material tersebut selanjutnya yang akan membentuk estetika pada gaya arsitektur minimalis.

Bentuk rumah minimalis tidak melulu harus berbentuk kotak sederhana, tetapi juga dapat berbentuk platonik geometri menjadi bagian dari lanskap yang “tiba-tiba” muncul ke atas. Namun, jika rumah tersebut memang hanya diperlukan bentuk kotak, maka bentuk kotak merupakan hasil dari suatu proses kebutuhan fungsi. Rumah minimalis menekankan bentuk desain yang lugas, polos, sederhana, tidak rumit, kompak, dan efisiensi ruang. Mahal murah suatu bangunan sangat ditentukan oleh pemakaian bahan material yang digunakan dari desain yang diusulkan. Adapun biaya struktur bangunan rumah umumnya memakai harga standar pasaran.

Tren Arsitektur Minimalis di Perkotaan

Gaya minimalis menjadi tren bagi bagunan hunian modern di kota-kota besar dunia termasuk Indonesia. Minimalis dalam arsitektur menekankan hal-hal yang bersifat esensial dan fungsional. Bentuk-bentuk geometris elementer tanpa ornamen atau dekorasi menjadi karakternya. Gaya minimalis menampilkan elemen-elemen seperlunya saja, keindahan dan kemewahan bangunan muncul dari kerapihan detail, komposisi yang baik antara bentuk-bentuk sederhana serta pemilihan material yang tepat.

arsitektur rumah minimalisPopularitas gaya minimalis dalam arsitektur didorong oleh kemajuan teknologi dan perubahan gaya hidup masyarakat dunia serta harapan untuk meminimalisir biaya pembangunan namun berdasarkan penelitian biaya material, pembangunan dan perawatan bangunan dengan gaya arsitektur minimalis relatif tidak lebih murah dibandingkan dengan gaya arsitektur lainnya.

Gaya minimalis sejatinya diciptakan di tengah lingkungan barat yang notabene memiliki empat musim,  di rancang dengan banyak bukaan untuk sinar matahari, sirkulasi  dan diaplikasikan dengan menggunakan banyak bukaan kaca, atap kotak mendatar serta ruang-ruang terbuka.  Hal tersebut tentu tidak dapat langsung diaplikasikan di Indonesia yang memilki iklim tropis. Gaya minimalis yang diaplikasikan di Indonesia sudah bersinergi dengan berbagai gaya arsitektur seperti tropis, kontemporer atau etnik, hal ini berakibat tersamarnya kesan penggunaan bentuk-bentuk minimalis awal seperti penggunakan atap datar, warna-warna polos serta detail-detail bangunan.

arsitektur rumah minimalisRumah minimalis jelas akan terasa nyaman untuk ditinggali bagi masyarakat urban yang bergaya hidup serba praktis, fungsional, ringan, hemat, dan efisien, karena istilah minimalis sendiri adalah pengejawantahan gaya hidup mereka, sesuai dengan kebutuhan fungsi mereka. Namun tahukah anda bahwa proses perencanaan rumah gaya minimalis 1 ataupun 2 lantai tidak sesederhana yang awam bayangkan. Banyak pertimbangan diambil oleh perencana dalam proses perencanaan denah, tampak dan site plan rumah anda. Jika anda ingin mencoba merencanakan gaya arsitek rumah minimalis anda sendiri, ada baiknya anda memperhatikan beberapa tips yang kami berikan berikut.

Tips Merencanakan Arsitektur Rumah Minimalis

  1. Desain dengan furniture minim dan banyak ruang terbuka, Mengingat luasannya yang terbatas, rumah minimalis sederhana harus direncanakan dengan furnitur yang mendukung dengan fungsi ruang , misal di ruang tamu hanya diletakan kursi dan meja tamu saja. Sedangkan untuk ruang keluarga hanya diletakan rak TV, sofa dan karpet. Untuk ruang tidur hanya terdiri dari tempat tidur, lemari baju dan meja rias.
  2. Cat dengan warna ringan dan sederhana, Dinding rumah minimalis umumnya dihias dengan warna-warna sederhana tanpa ornamen tau dekorasi berlebihan sehingga menimbulkan kesan bersih, luas dan ringan.
  3. Utamakan kualitas, bukan kuantitas, tidang menempatkan banyak barang namun memilih barang-barang yang memang dibutuhkan dan mendukung fungsi ruang.

Untuk menambah informasi menegani arsitektur rumah minimalis, berikut kami berikan juga video yang berkaitan dengan bahasan dalam artikel ini.

Demikianlah artikel kami tentang Arsitektur Rumah Minimalis, semoga dapat menambah pengetahuan dan menginspirasi anda untuk dapat di aplikasikan pada rumah impian anda.  Apakah Anda berencana melakukan renovasi atau membangun rumah dan saat ini sedang mencari konsultan jasa desain arsitektur?, Hubungi kami, tim Arsitek Rumahan untuk desain rumah dan bangunan anda

Baca juga.

  1. Gambar Rumah Modern Masa Kini
  2. Inpirasi Teras Rumah Minimalis 
  3. Panduan Memilih Cat Bagi Rumah Minimalis Anda

 

Comments are closed.

UA-68162476-1
%d bloggers like this: