Arsitektur Rumah Jepang Bagi Hunian Anda

Ide Arsitektur Rumah Jepang Bagi Hunian anda

arsitektur rumah jepang

Zen, Inspirasi Hunian Jepang

Arsitektur rumah Jepang memang tidak pernah habis untuk dibahas, banyak hal yang dapat dijadikan inspirasi di setiap bagian rumah. Hampir sebagian besar pemilik rumah menginginkan gaya arsitektur Jepang di aplikasikan di rumah mereka, mengapa demikian?, apa yang membuat gaya arsitek rumah jepang menarik, yuk kita bahas di artikel ini.

Gaya arsitektur rumah Jepang memang dikenal dengan konsep “Zen”.  Zen sendiri didefinisikan sebagai ketenangan, kesucian dan penyatuan dengan alam. dalam seni arsitektur Jepang hal tersebut diaplikasikan dengan memunculkan ruangan yang memunculkan kesan tenang, damai, nyaman, sederhana serta dekat dengan alam. Dalam perkembangannya gaya ini diminati banyak arsitek dunia karena dianggap efisien dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat urban.

Apa yang menjadi ciri khas Arsitektur rumah Jepang?

Beberapa keunikan yang dapat kita temui di sisi interior rumah tradisional Jepang adalah:

  • Ruang untuk melepas alas kaki (Genkan). Rumah Jepang memiliki ciri khas berupa tempat dimana orang akan melepas sepatu sebelum memasuki area lain didalam rumah. Ketika mereka melepaskan sepatu mereka, orang-orang melangkah naik ke lantai yang lebih tinggi dari genkan. Disamping genkan terdapat sebuah rak atau lemari disebut Getabako di mana orang dapat menyimpan sepatu mereka. Sandal untuk dipakai di rumah juga tersimpan di sana.

arsitektur rumah jepang

  • Konsep lesehan untuk ruang duduk. Hal ini mungkin merupakan yang paling umum yang dapat kita temui dalam arsitektur rumah Jepang. Jika anda berencana menggunakan gaya lesehan, Anda bisa menggunakan alas tatami dan beberapa bantal. Gunakan satu meja besar dengan ketinggian yang rendah sebagai pusat untuk berkumpul. Untuk material meja, Anda bisa memilih kayu, rotan atau bambu. 

arsitektur rumah jepang

  • Warna berkesan tenang. Pemakaian warna-warna alam seperti cokelat, abu-abu, putih, putih gading, atau hijau lembut bisa dipilih. Sementara untuk menambahkan aksen kembali ke alam, penggunaan lantai kayu atau tikar bambu dapat menjadi pilihan. Yang harus diingat, hindari warna-warna terang karena akan menghilangkan kesan damai.

arsitektur rumah jepang

  • Furnitur. Pemilihan furnitur juga harus disesuaikan, jangan terlalu banyak menambahkan hiasan, seperti pajangan dinding, lukisan, dan lampu. Selain menghilangkan kesan rapi, tata letak ruangan akan terlihat penuh. Bila ingin lebih hidup, tanaman hias dalam pot kecil, bunga atau aquarium sederhana dapat menjadi pilihan isi ruangan.

arsitektur rumah jepang

  • Pencahayaan Alami. Desain Jepang biasanya menggunakan sebanyak mungkin pencahayaan natural, hal ini  dpat diaplikasikan dengan membuat bukaan cahaya yang cukup agar sinar matahari mudah masuk pada ruangan. Untuk pencahayaan pada ruangan, dapat difokuskan pada kegiatan di dalam ruangan tersebut. Anda dapat menggunakan task lighting yang juga berfungsi sebagai general lighting. Lampu dekoratif, seperti lampion juga dapat Anda pilih untuk mempertegas nuansa Jepang.

arsitektur rumah jepang

  • Akses visual dan fisik ke luar ruangan. salah satu konsep dari “Zen” adalah penyatuan dengan alam hal ini di aplikasikan dengan adanya hubungan langsung antara taman dan ruangan utama rumah seperti ruang keluarga dan ruang makan. Taman memang bagian penting yang perlu dipertimbangan untuk menghadirkan konsep arsitektur rumah Jepang.

arsitektur rumah jepang

Desain Taman Jepang

Taman jepang memiliki elemen dasar antara lain. air (melambangkan kesucian dan kehidupan), Tanaman (melambangkan keabadian), dan Batu (melambangkan alam). Batu adalah elemen terpenting dalam taman karena dapat dipakai untuk melambangkan pegunungan, garis pantai, dan air terjun.

arsitektur rumah jepang

Dalam taman Jepang tidak dikenal garis-garis lurus atau simetris. Taman Jepang sengaja dirancang asimetris agar tidak ada satu pun elemen yang menjadi dominan. Taman Jepang umunya  berukuran besar dan dilengkapi dengan bangunan kecil seperti rumah teh, gazebo, atau bangunan pemujaan (kuil). Di antara gedung dan taman kadang-kadang dibangun ruang transisi berupa beranda sebagai tempat orang duduk-duduk. 

Arsitektur rumah Jepang memang memberikan banyak inspirasi yang bisa Anda terapkan di rumah anda. Penulis berharap informasi diatas dapat membantu anda dalam menciptakan hunian yang diinginkan, Untuk menambah inspirasi anda saya juga berikan video tentang interior rumah Jepang berikut.

Apakah Anda tertarik untuk menggunakan desain rumah Jepang sebagai desain hunian Anda? Hubungi kami, tim Arsitek Rumahan untuk desain rumah dan bangunan anda

Baca juga.

  1. Memunculkan kesan mewah pada Arsitektur Rumah Modern
  2. Keunikan Arsitektur Rumah Joglo

 

Comments are closed.

UA-68162476-1
%d bloggers like this: